Cara Menghindari Mata Kering yang Berbahaya

Cara Menghindari Mata Kering yang Berbahaya

Mata kering seringkali menjadi masalah umum dalam kehidupan sehari-hari. Mengingat sekarang sudah serba digital jadi akan lebih banyak waktu yang dihabiskan di depan layar komputer, ponsel, dan tablet. Ini tidak hanya terjadi pada anak-anak saja tapi juga orang dewasa.

Bahaya mata kering ini akan sangat mengganggu jika tidak segera diatasi. Meski penyebab mata kering ini bervariasi, tapi kita harus bisa mencegahnya. Karena akan lebih susah mengobati daripada mencegah.

Untuk mencegah mata kering dan menjaga kesehatan mata, berikut adalah 5 langkah yang dapat diterapkan:

1. Istirahat Mata Secara Berkala

Atur aturan istirahat mata 20-20-20 setiap waktu. Jadi setiap 20 menit fokuskan pandangan pada objek yang berjarak minimal 20 kaki selama 20 detik. Hal ini akan membantu merilekskan otot mata yang tegang akibat menatap layar dalam waktu yang lama. Dengan istirahat mata secara berkala, mata kita akan terus sehat.

2. Atur Pencahayaan di Lingkungan Sekitar


Ketika melihat layar digital, pastikan ruangan tempat kita bekerja atau beraktivitas memiliki pencahayaan yang cukup. Hindari silau yang berlebihan agar pencahayaan tetap tepat. Jika dilakukan dengan baik maka akan membantu mengurangi ketegangan pada mata.

3. Blinking yang Cukup


Terkadang saat fokus pada layar, kita cenderung berkedip lebih sedikit. Meski kedipan mata tidak sadar, tapi sebenarnya saat menatap layar digital jarang mengedip dibandingkan aktivitas lainnya. Lakukan kedipan secara sadar untuk menjaga mata tetap lembab dan mencegah mata kering. Jika terasa sangat kering mata, tidak ada salahnya mengedip lebih lama dan lebih cepat meski hanya beberapa detik saja.

4. Perhatikan Kelembapan Mata dan Tubuh


Banyak orang yang tahu kalau kita harus menjaga kelembaban tubuh dengan baik. Dengan memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik yaitu dengan minum cukup air sepanjang hari, maka akan berpengaruh pada kesehatan mata juga. Ternyata kelembapan yang cukup dapat membantu menjaga produksi air mata yang sehat loh.

5. Pengaturan Lingkungan Kerja yang Benar


Pastikan meja kerja dan monitor berada pada tingkat mata atau sedikit di bawahnya. Jangan terlalu dekat jarak antara monitor dan tempat duduk. Ini membantu mengurangi tekanan pada mata dan memastikan bahwa mata tidak terlalu kering. Posisi duduk yang tepat juga akan menjaga posisi tulang tubuh tetap baik di masa depan.

6. Gunakan Tetes Mata Insto Dry Eyes Sebagai Solusi Mata Kering

Gunakan Tetes Mata Insto Dry Eyes Sebagai Solusi Mata Kering

Yang tidak kalah efektif adalah menggunakan tetes mata agar dapat memberikan kelembaban tambahan pada mata. Dan ini sangat membantu mengurangi gejala mata kering seperti mata pegal, mata sepet dan mata sangat kering.

Dengan menggunakan tetes mata Insto Dry Eyes sesuai petunjuk dan konsultasikan dengan dokter mata jika diperlukan. Setiap 1 ml Insto Dry Eyes memiliki kandungan hydroxypropyl methylcellulose 3,0 mg dan benzalkonium chloride 0,1 mg. Sehingga akan membantu menyamankan mata kering agar kembali lembab.

#InstoDryEyes #SolusiMataKering memang terbukti ampuh. Selain bikin mata tetap sehat, juga akan menjaga kelembaban mata menjadi normal.

Tapi jika gejala mata kering menjadi lebih persisten atau memburuk, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter mata. Ini agar kita mendapatkan saran dan perawatan yang tepat serta lebih spesifik. Pokoknya mata jangan dibiarkan ya.

Dengan menerapkan cara sederhana ini dalam rutinitas sehari-hari dapat membantu mencegah mata kering dan menjaga kesehatan mata kita. Kesehatan mata yang baik tidak hanya mempengaruhi kenyamanan sehari-hari, tetapi juga memberikan dampak positif pada kualitas hidup kita secara keseluruhan.

Jadi, jangan lupa terus jaga kesehatan mata ya!.

Komentar